Bahan Pembentuk Duri Landak

Landak. 

Siapa yang tidak kenal hewan yang satu ini? Ya, landak. Hewan yang terkenal berduri tajam ini berbentuk kecil dan lucu. Namun, dibalik kelucuan tubuhnya ini ada duri yang dapat ia keluarkan. Terbuat dari apa duri - duri landak? Simak artikel kali ini..

Landak merupakan hewan mamalia yang unik. Keunikan tersebut tampak secara fisik berupa duri-duri yang ada di punggungnya. Fungsi duri-duri ini bukan membantu landak untuk menyerang, namun digunakan untuk bertahan dari serangan para pemangsa landak. Jadi, pada saat landak diserang, duri-duri pada punggungnya akan mengembang sehingga membuat pemangsanya tertusuk. 

Terbuat dari bahan apa sih pembentuk duri landak yang keras dan tajam ini?

Duri-duri ini merupakan modifikasi dari rambut yang terbuat dari protein keratin. Istimewanya, di setiap rambutnya, terdapat poros berongga dan otot tersendiri. Hal inilah yang menyebabkan duri landak dapat muncul saat landak merasa terancam.

Bagaimana awal dari duri landak?

Pada saat awal dilahirkan, landak memiliki sekitar 100 duri putih kecil yang muncul. Dalam beberapa jam duri putih kecil ini mengalami pengerasan. Setelah empat atau lima hari, duri-duri ini mulai tergantikan dengan duri keras yang berwarna lebih gelap, namun masih berukuran pendek. Pada akhirnya, sekitar usia dua sampai empat minggu, landak mulai mendapatkan mantel duri akhir yang dewasa. Pada saat itu, landak memiliki 8000 duri yang tumbuh. Wow!

1 comments:

 
Copyright © . Detail dot - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger