Data dan Fakta Batik






Berikut disajikan data dan fakta tentang batik kebanggaan kita ini. Semoga bermanfaat.

· Batik pertama kali diperkenalkan kepada dunia dan dipopulerkan oleh Presiden Soeharto, yang pada waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB.

· Markis Kido/Hendra Setiawan menjuarai Medali Emas bulutangkis ganda putra Asian Games XVI 2010 dengan memakai baju motif Batik.

· Sang pencetus penggunaan batik untuk gambar di kostum sebagian pemainIndonesia ini adalah legenda bulutangkis tunggal putra Indonesia, Haryanto Arbi.

· Perlu waktu 3 tahun bagi Indonesia untuk mendapatkan pengakuan terhadap budaya batik sebagai budaya milik Indonesia setelah 6 negara perwakilan Unesco melakukan pengkajuan dan verifikasi.

· Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.

· Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan cap (biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.

· Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang. Bahkan sampai saat ini, beberapa motif batik tradisional hanya dipakai oleh keluarga keratin Yogyakarta dan Surakarta.

· F.A. Sutjipto (arkeolog Indonesia) percaya tradisi membatik juga dimiliki daerah seperti Toraja, Flores,Halmahera, dan Papua.

· Dulu saat menyambut nominasi batik sebagai warisan budaya dunia oleh Unesco pada Jumat, 2 Oktober 2009, para pemakai batik mendapat fasilitas gratis masuk ke Ragunan dan Ancol

· Kain batik berkualitas tinggi bisa dihargai sekitar Rp 3 juta untuk ukuran 2.5 meter dan harga Rp 15 juta untuk kain batik berukuran sama yang dilukis di atas kain sutra.

· Upah para pembatik tidak pernah setara dengan batik yang terjual. Upah mereka biasanya berkisar

antara Rp 7.000 sampai RP 25.000 per hari tergantung pada kemampuan membatik mereka.

· Solo dan Pekalongan jadi kota di Indonesia yang konsisten menggelar acara batik, mulai dari

mengadakanFestival Batik Solo, Karnaval Batik Solo, Festival Batik Cina.

·Beberapa artis Hollywood dan tokoh publik Amerika yang ikut mengenakan batik di acara penting seperti Bill Gates, Jessica Alba, dan Adam Clayton (bassist U2) saat tampil di Somerville Theatre, Boston, Massachussets, Amerika Serikat. Jessica mengenakan batik saat menghadiri red carpet Step-Up’s Fourth Annual Fashion Forward Luncheon. Motif batik yang dia gunakan adalah motif Parang Rusak yang dia pakai khas Jogjakarta.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Detail dot - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger