Mengapa Zebra Memiliki Loreng?


Kalian pernah liat zebra kan? Ya, yang tubuhnya mirip seperti kuda. Tapi dia memiliki kulit yang mengagumkan. Belang - belang hitam - putihnya membuat semua orang terkesan. Dan yang paling unik, tidak ada loreng zebra yang sama. Lalu, mengapa zebra memiliki loreng? Mari kita bahas disini.

Kuda zebra memiliki loreng yang indah pada tubuhnya. Loreng di seluruh tubuh zebra terlihat seperti ombak yang begitu elegan dan indah. Loreng yang indah ini diberikan kepada kuda zebra untuk melindungi hidupnya. Kuda zebra merupakan hewan herbivora atau hewan pemakan tanaman. Di padang rumput yang sangat luas banyak hewan buas yang mengintai kuda zebra yang indah ini. Sebut saja hewan pemburu seperti singa dan panther. Para pemangsa ini berada di sekeliling kuda zebra untuk menangkap dan memakannya.

Lalu, bagaimana cara dia menghindari para pemangsa? Apakah Individualisme atau berkelompok?

Untuk menghentikan serangan para pemangsa maka kuda zebra hidup denga bergerombol. Jika singa atau panther datang menyerang maka zebra akan membentuk lingkaran untuk melindungi diri mereka dan kaki belakang mereka siap untuk menendang sekuat tenaga.

Apakah mereka punya taktik sebelum diserang oleh pemangsa?

Mereka punya sebuah taktik. Mereka punya antisipasi sebelum penyerangan dimulai. Dengan taktik kuda pengintai yang memanfaatkan loreng. Di padang rumput yang luas, zebra berdiri diantara pepohonan, sehingga apabila angin bertiup, dari jauh hewan pemangsa tidak bisa membedakan zebra atau pohon.

Apa yang istimewa dari zebra dan lorengnya? 

Kuda zebra yang hidup di padang rumput cukup terkenal di kalangan hewan herbivora lainnya. Itu karena selain bentuknya tampan, kuda zebra juga memiliki warna loreng yang indah serta dapat mengenali bahaya dengan sangat baik. Dilengkapi dengan indra penglihatan dan indra pendengaran serta penciuman zebra, semuanya sangat luar biasa. Yang terpenting pada saat bersamaan bisa melihat sesuatu dari dekat maupun jauh sekaligus bisa mengetahui keberadaan pemangsa dan memberitahukannya kepada hewan lainnya.
 
Copyright © . Detail dot - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger