Mengapa Kita Bisa Mimisan?

Mimisan?
Mimisan mungkin sering terdengar di telinga kita. Mungkin bagi kalian yang sering mimisan, tidak terlalu panik jika kena mimisan. Namun, bagi yang jarang terkena mimisan akan merasa panik dan takut. Lalu, mengapa kita bisa mimisan? Apakah itu merupakan penyakit? Mari kita bahas pada artikel ini.

Mimisan disebabkan oleh apa?

Kasus mimisan atau yang dalam dunia medis disebut epistaksis kebanyakan terjadi pada anak kecil. Di dalam lubang hidung bagian tengah terdapat jalinan pembuluh darah yang sangat tipis bernama pleksus kieselbach. Pembuluh darah ini sangat mudah pecah saking tipisnya. 

Apa yang menyebabkan pembuluh pleksus kiseslbach pecah?

Ada beberapa hal yang membuat pembuluh darah ini pecah. Diantaranya:

1. Infeksi.

Infeksi disebabkan oleh masuknya bakteri atau virus kedalam jaringan tubuh. Hal ini membuat pembuluh darah di hidung menjadi semakin mudah pecah. Bahkan menggosok hidung terlalu keras pun akan berpotensi memecahkan pembuluh darah dan menyebabkan mimisan.

2. Luka akibat goresan benda tajam.

Pukulan yang terlampau keras pada hidung juga bisa memecahkan pembuluh darah. Kebiasaan mengorek hidung dengan kuku yang panjang juga berbahay untuk dilakukan.

3. Cuaca dingin.

Cuaca yang terlalu dingin bisa membuat selaput lendir di lubang hidung tidak berfungsi dengan baik. Lubang hidung yang kering ini bisa membuat pembuluh darah yang tipis menjadi lebih mudah pecah. Dalam hal ini bersin terlalu keras bisa membuat pembuluh darah pecah.

4. Obat-obatan.

Ada beberapa jenis obat yang berfungsi sebagai pengencer darah, seperti aspirin, warfarin atau suplemen ginkgo biloba. Hal ini juga sering kali membuat seseorang mudah mimisan.

Lalu, bagaimana cara menangani mimisan?

Mimisan dapat ditangani jika kita sendiri tidak panik. Berikut caranya agar mimisan cepat berhenti.

     1.  Dudukkan orang yang mimisan dengan tegak
     2.  Tekan hidung dari kedua sisi (dipencet) agar perdarahan segera berhenti.
     3.  Condongkan kepala kebawah. Ingat, usahakan untuk tidak mendongak. Karena dikhawatirkan darah           akan mengalir ke rongga sinus dan tenggorokan sehingga mengganggu saluran pernapasan.

Ingat, mimisan bisa juga merupakan tanda penyakit berbahaya seperti demam berdarah. Jadi apabila ada teman yang mimisan dan mengeluarkan banyak darah, apalagi sampai lemas atau pingsan segera bawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Detail dot - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger