Mengapa saat Ruas Jari ditarik Terdengar Suara?



Krutuk, Krutuk..

Pasti pembaca pernah mengalami hal ini kan? menarik ruas jari sehingga berbunyi krutuk krutuk. Pernahkah pembaca berfikir, darimana datangnya suara krutuk itu? Dari mana asalnya? Mengapa berbunyi krutuk? Apakah tidak berbahaya? Disini, kita akan ulas bersama.

Apakah bunyi aneh yang selalu terdengar ketika ruas jari ditarik? Di antara tulang dan tulang lainnya terdapat sendi. Karena adanya sendi, maka tubuh dapat bergerak dengan bebas. Jika tidak ada sendi maka tangan kita akan kaku, tidak dapat mengambil barang barang dan hal lainnya yang penting.

Di sekitar sendi kita terdapat kantung cairan yang jernih dan mengandung kira kira 15% CO2  (Karbon Dioksida) sehingga memiliki efek bantalan yang membuat sendi dapat bergerak secara mulus dan halus.

Jika kita menarik atau membunyikan jari tangan kita maka akan terjadi perubahan tekanan di dalam kantung cairan sendi. Karbon dioksida membuat gelembung, karena gelembung itu pecah maka muncullah suara krutuk tersebut.

Apabila setelah membunyikan jari dan langsung dibunyikan lagi, maka tidak akan muncul suara apapun. Hal itu dikarenakan gelembung karbon dioksia belum terbentuk lagi. Namun setelah beberapa saat, suara itu dapat muncul kembali, itu karena gelembung - gelembung tersebut sudah terbentuk kembali.

Ada orang - orang yang khusus dapat mengeluarkan suara yang besar ketika membunyikan jadi. Kalau banyak berlatih maka suaranya bisa semakin besar. Akan tetapi, apabila terlalu sering membunyikan jari, maka jari akan menebal dan akan menyebabkan jaringan cedera parah. Karena itu kita harus berhati hati.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Detail dot - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger