Mengapa Ketika Terbentur Muncul Lebam?


Lebam itu apa sih? Kalian enggak tahu? Itu yang kalau sehabis dipukulin muncul lebam atau sering juga disebut bonyok. Apa itu lebam? Apa penyebabnya? Kenapa bisa muncul lebam? Simpan pertanyaan itu. Kita bahas dan jawab semua pertanyaan di artikel ini.

Tiada hari tanpa lebam merah atau biru bagi anak - anak yang suka berlarian dan anak nakal. Mungkin banyak pertanyaan dari kalian, namun pertanyaan yang umum dan pasti terucap adalah :

Kenapa ketika dahi atau kepala terbentur muncul benjol sedangkan jika kaki terbentur muncul lebam. Kenapa?

Ketika badan kita tertabrak benda yang sangat keras, kulit terbebani dan rusak. Tetapi, jika akibatnya tidak terlalu parah dan tidak rusak maka bisa terjadi benjol. Benjol hanya terjadi di kepala, dahi, tulang kering atau bagian yang keras lainnya. Tempat itu bila terbentur, darah keluar dari pembuluh darah dan mengisi jaringan bawah kulit. Akibatnya nampak menonjol yang disebut benjol.

Tetapi bila benturan yang sama terjadi di tangan atau paha yang memiliki banyak daging, darah yang keluar dari pembuluh darah akan tersebar ke banyak jaringan luas, sehingga tidak nampak benjol tetapi lebam biru atau hiitam. Lebam ini jika dipijat atau digosok akan membuatnya semakin parah.

Lalu, apa penyebab lebam?

Seperti dijelaskan diatas, lebam muncul jika ada suatu benturan keras menuju tempat anggota tubuh kita yang banyak memiliki daging.

Bagaimana cara mengatasinya?

Jika anda terbentur dan mendapati lebam di tempat terbentur tadi, segera dinginkan dengan es atau sesuatu yang dingin. Dengan sendirinya dan tentunya dengan waktu tertentu, lebam akan mengecil dan hilang.
 
Copyright © . Detail dot - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger