Siapa Penemu Teknologi Radio FM?

Sang Penemu Radio FM.
Krsssk. Seperti itulah suara radio kusut. Saat ini hampir semua radio menggunakan teknologi FM, meskipun masih ada beberapa yang tetap menggunakan AM. Akan tetapi, pada zaman dahulu semua radio menggunakan teknologi AM. Lalu, siapa penemu radio FM? Mari kita cari tahu dia artikel ini.

Siapa penemu teknologi FM?

Dulu memang belum ada teknologi FM. Sampai pada suatu ketika seorang bernama Edwin Howard Armstrong melakukan penelitian hingga akhirnya dapat menciptakan teknologi untuk memancarkan siaran radio FM.

Bagaimana Edwin Howard Armstrong memulai penelitiannya?

Armstrong lahir di New York City pada tahun 1890. Penelitiannya terkait dengan radio ini dimulai selepas ia menyelesaikan kuliahnya di Columbia University. Pada awalnya, ia masih bergabung dalam proyek-proyek terkait dengan radio AM. Tak lama kemudian, ia pun tertarik untuk mengembangkan sistem baru dalam transmisi radio, yang tak lain adalah radio FM itu sendiri. Ia pun memulai risetnya di tahun 1920 sampai sekitar tahun 1930-an. Ia akhirnya mendapatkan beberapa paten terkait dengan teknologi FM dan mulai memperkenalkannya di tahun 1933.

Bagaimana cara Armstrong membuat radio teknologi FM terkenal?

Pada 1935, Armstrong mulai membuat demonstrasi siaran radio FM untuk pertama kalinya di New York City. Dalam pengembangan dan pengujian tersebut, ia juga bekerjasama dengan Radio Corporation of America (RCA). Sayangnya, kerja sama tersebut tidak dilanjutkan karena perbedaan keinginan di kedua belah pihak. Selama Perang Dunia II, Armstrong memberikan izin untuk menggunakan radio FM sebagai saluran komunikasi para militer. Hal inilah yang membuat semakin banyak orang mulai tertarik dengan radio FM tersebut.

Tahun 1940, Armstrong mendapat izin mendirikan stasiun radio FM pertama di dunia. Sejak itu, siaran radio dengan teknologi FM pun mulai menjamur. Sekitar tahun 1970-1980-an, pelan-pelan radio FM mulai banyak digunakan dan menggeser keberadaan radio AM. Ini menjadi titik balik di mana sistem penyiaran radio mulai bergeser dari AM ke FM. Sayangnya, Armstrong tidak dapat melihat sendiri kesuksesan radio FM ini karena ia sudah meninggal dunia pada tahun 1954.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Detail dot - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger