Mengapa Burung tidak Kesetrum saat Bertengger di Kabel Listrik?

Burung bertengger diatas kabel listrik
Kepakan sayap yang lebar, paruhnya yang bermacam - macam dan selalu terbang kesana kemari. Ya, hewan itu adalah burung. Mungkin kalian pernah atau bahkan sering melihat burung - burung bertengger di atas kabel listrik. Mungkin, kalian heran mengapa burung - burung itu bisa asyik bertengger disana tanpa harus khawatir akan kesetrum. Mengapa bisa begitu? Mari kita simak di artikel ini

Bagaimana listrik mengalir?

Tentu kalian tahu bahwa listrik akan mengalir dari tegangan tinggi ke tegangan rendah seperti air yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah. Bumi atau tanah memiliki tegangan rendah, maka listrik selalu mengalir ke bumi dari sumber tegangan melalui konduktor.

Apa itu konduktor listrik?

Konduktor listrik adalah suatu barang yang dapat menghantarkan listrik dari satu tempat ke tempat lain. Tubuh kita merupakan konduktor yang baik, sehingga mampu mengalirkan listrik dari sumber listrik ke bumi jika kita tidak menggunakan alas kaki atau langsung menginjak tanah. Listrik akan mengalir jika ada rangkaian tertutup seperti percobaan yang dilakukan di sekolah. Sebuah lampu yang dihubungkan dengan batere akan menyala jika saklarnya dihubungkan. Artinya, terjadi perpindahan potensial dari kutub negatif ke kutub positif. Jika kutub yang dihubungkan sejenis, maka listrik tidak akan mengalir.


Lalu, bagaimana dengan burung?

Burung hanya menginjak salah satu kabel dari kawat listrik dan tidak menyebabkan perbedaan potensial pada kabel listrik tersebut sehingga tidak terjadi aliran listrik yang menyetrum burung. Kalau sampai burung tanpa sengaja menginjak dua kabel, yaitu kabel bertegangan dengan kabel yang netral, burung tersebut juga akan kesetrum. Selain itu, burung juga tidak menyentuh tanah, sehingga listrik dari kabel bertegangan tinggi tidak mengalir ke bumi yang bertengangan rendah. Jadi, kalau kamu pengen mencoba bertengger di atas kawat listrik tanpa kesetrum, pastikan kamu hanya menginjak salah satu kabel dan pastikan tubuhmu tidak menyentuh tanah.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Detail dot - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger