Mengapa Contoh Font di Komputer Menggunakan Kalimat Aneh?

Apakah itu the quick brown fox jumps over the lazy dog?

"The Quick Brown Fox Over The Lazy Dog." Pasti kalian pernah atau bahkan sering melihat tulisan itu. Menurut kalian, apakah itu? Mengapa font di smartphone atau komputer anda selalu ada tulisan itu di review font nya? Mari simak artikel disini.

Ada berbagai macam jenis font di komputer. Mulai dari yang formal seperti Times New Roman sampai yang berupa simbol-simbol seperti MT Extra. Pernahkah kamu berpikir mengapa contoh penulisan font di komputer menggunakan kalimat aneh? Kita bisa membuka folder font di komputer dan melihatnya satu per satu, dan ternyata kalimat yang digunakan adalah “The quick brown fox jumps over the lazy dog.” Kalau diartikan, kalimat tersebut berarti “Rubah cokelat yang cepat melompati anjing malas.” Apa hubungannya rubah cokelat atau anjing malas dengan komputer kita?

Apa hubungannya kalimat “The quick brown fox jumps over the lazy dog” dengan komputer?

Sebenarnya memang tidak ada hubungannya. Kalimat “The quick brown fox jumps over the lazy dog” merupakan pangram terkenal di dunia.


Apa itu pangram?

Pangram adalah kalimat yang menggunakan semua huruf dalam suatu aksara paling tidak satu kali. Pangram berasal dari bahasa Yunani, “pan” yang berarti semua dan “gramma” yang berarti huruf. Jadi, pangram berarti semua huruf. Nama lain pangram adalah holoalfabetis.

Apa tujuan dari pangram itu?

Tujuan penggunaan pangram pada contoh font di komputer adalah untuk menampilkan ke-26 huruf dalam aksara latin secara lengkap. Dengan kalimat aneh tadi, kita bisa dengan mudah melihat huruf A sampai Z dengan menggunakan suatu font yang dicontohkan. Hmm, jadi ternyata kalimat yang terdengar aneh tadi bukan sekadar dibuat dengan asal-asalan, tapi memang ada tujuannya. Apakah kamu bisa membuat pangram lain yang mewakili huruf A sampai Z?

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Detail dot - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger