Mengapa Bintang Tampak Berkedip?

Image by : soktau.com
Pernahkah kalian memperhatikan pemandangan langit saat malam hari? Apa yang kalian lihat? Apakah bintang - bintang yang tampak bercahaya atau berkedip? Mungkinkah bintang berkedip di luar angkasa sana? Apakah ada penjelasan ilmiahnya? Mari kita bahas di artikel ini

Apa yang membuat bintang tampak berkedip?

Pernahkah kamu melihat sebuah koin di dasar kolam renang? Koin tersebut tampak bergelombang karena air di kolam renang membelokkan cahaya yang dipantulkan dari koin. Hal yang sama terjadi saat kamu melihat bintang. Bintang yang bersinar memiliki cahaya yang harus melalui beberapa mil dari atmosfer bumi sebelum sampai ke matamu. Hal ini seolah-olah kamu melihat langit dari dasar kolam renang.

Bagaimana prosesnya?

Atmosfer bumi mengalami pergolakan dengan angin yang berhembus dan pusaran yang terbentuk, berputar dan menyebar sepanjang waktu. Aktivitas ini bertindak seperti lensa dari prisma yang membelokkan cahaya bintang dari suatu sisi ke sisi lainnya dalam hitungan per detik. Untuk benda-benda yang terlihat besar seperti bulan, rata-rata pembelokan cahayanya keluar dan menyebar sehingga selalu terlihat bercahaya tak berkedip. Berbeda dengan bintang yang letaknya jauh, sumber cahayanya berupa titik sehingga saat masuk dalam atmosfer langsung dibelokkan dengan intensitas yang cepat menyebabkan bintang tampak berkedip.

Apakah ada planet yang tampak seperti bintang jika dilihat dari Bumi?

Planet seperti Mars, Venus, dan Jupiter jika dilihat dari bumi tampak seperti bintang terang sebab letaknya lebih dekat dengan bumi sehingga cahayanya tidak terbelokkan, namun terkadang terjadi kerlap-kerlip yang bervariasi dalam jumlah cahaya yang berasal dari planet ini.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Detail dot - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger