Alan Gelfand, Pencipta Teknik Ollie dalam Skateboard


Gelfand Alan, penemu trik "Ollie" dalam permainan skateboard
Adakah di antara kamu yang suka bermain skateboard? Jika ada, mungkin kamu sudah akrab dengan teknik dalam bermain skateboard yang disebut ollie. Ollie ini adalah teknik melompat di udara dengan skateboardyang digunakan. Teknik ini merupakan dasar dari banyak teknik lainnya dalam permainanskateboard. Lalu, siapa ya yang pertama kali menciptakan teknik ini?

Orang tersebut bernama Alan Gelfand. Ia lahir di New York pada tahun 1963. Pada umur 11 tahun, ia dibelikan skateboard oleh ayahnya. Sejak itulah ia menjadi gemar bermainskateboard. Pada tahun 1977, permainan skateboard semakin digemari. Seiring dengan kepindahan Alan dan keluarganya ke Florida, di sana dibangun sebuah arena bermainskateboard (skatepark).

Sayangnya, skatepark di kota itu tidaklah semulus dan sesempurna skatepark yang lain. Tetapi justru di sanalah kreativitas Alan Gelfand berkembang. Ia mampu membuat sebuah teknik permainan baru dalam skateboard. Teknik ini membuat ia dapat melompat bersama dengan skateboard, sehingga terlihat seolah-olah skateboard tersebut menempel di kakinya saat melompat. Teknik ini kemudian dinamai Ollie, sesuai dengan nama panggilan Alan sewaktu itu. Teknik inilah yang kemudian digunakan sebagai dasar teknik dalam permainanskateboard yang lebih canggih.



Lantas ke manakah Alan Gelfand setelah itu? Sayangnya, di tahun 1981 ia harus berhenti bermain skateboard karena mengalami cedera. Setelah itu, ia pun menekuni balap mobil. Namun kecintaannya terhadap skateboard tidak berhenti begitu saja. Pada tahun 2001, ia membangun sebuah tempat bermain skateboard di kawasan Hollywood, Florida. Tempat yang dinamai Olliewood itu disebut-sebut sebagai salah satu arena bermain skateboard kelas dunia.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Detail dot - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger