Rahasia Peralatan Masak Anti Lengket

Apa yang membuat peralatan masak tidak lengket?

Kamu yang sering memasak pasti pernah mengalami masakan yang kamu masak lengket di wajan atau panci. Menyebalkan bukan? Beruntunglah saat ini sudah banyak peralatan masak yang anti lengket. Masak apapun tidak akan lengket pada wajan atau panci. Memasak jadi lebih mudah deh. Tapi, kok bisa ya ada peralatan masak yang anti lengket seperti itu?

Sebelumnya, mari kita cari tahu dulu bagaimana bahan makanan bisa lengket. Secara kimiawi, semua bahan yang lengket ke bahan lain dikarenakan adanya tarik-menarik antarmolekul kedua bahan tersebut. Kelengketan juga dipengaruhi oleh faktor mekanis. Selain adanya tarik-menarik molekul (yang sebenarnya tidak besar), beberapa bahan makanan akan cenderung mengerut saat dipanaskan. Saat mengerut inilah bahan makanan akan mencengkeram permukaan dari alat masak yang memang tidak halus. Inilah yang memperparah kelengketan suatu bahan masakan. Contoh bahan makanan yang mudah lengket secara mekanis ini adalah telur

Lalu bagaimana peralatan masak anti lengket dibuat? Peralatan masak tersebut dilapisi dengan suatu bahan tertentu yang bernama politetrafluoroetilena (PTFE). Kita biasa mengenalnya dengan nama teflon. Bahan ini memiliki keunikan yaitu akan menolak molekul apapun yang dimilikinya. Bagaimana ini bisa terjadi? Singkatnya, atom fluor adalah salah satu atom yang tidak suka bereaksi dengan molekul lain jika sudah membentuk ikatan dengan atom karbon. Dan pada bahan PTFE ini, atom flour terikat dengan atom karbon. Akibatnya, bahan ini sangat sulit menarik molekul apapun. Permukaan lapisan ini juga dibuat sangat halus sehingga mengurangi kelengketan bahan makanan akibat cengkeraman saat mengerut. Jadilah sebuah lapisan yang membuat berbagai macam peralatan masak menjadi anti lengket.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Detail dot - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger