Mengapa Bisa terjadi Guntur dan Kilat?


Menggelegar! Jika awan hitam datang berarak - arak dan langit berkedip - kedip, pada hari itu pastilah hantu sedang berlompatan keluar. Seperti itulah orang tua melarang anaknya yang masih kecil bermain diluar ketika langit sudah mendung, terlebih jika banyak guntur dan kilat. Apa itu guntur? Apa itu kilat? Bagaimana cara terbentuknya guntur dan kilat?

Mengapa bisa terjadi guntur dan kilat?

Guntur dan kilat disebabkan oleh awan. Di dalam awan terdapat muatan listrik positif dan listrik negatif. Jika muatan listrik tersebut mengalir, akan menyebabkan kilatan listrik. Kilatan listrik ini menimbulkan suara ledakan yang keras. Itulah yang disebut guntur. Udara terisolasi sehingga bercahaya sebagai kilat, dan karena panas yang memuai dengan cepat menimbulkan ledakan sebagai guntur.

Jika kilat adalah listrik, berapa besar tegangannya?

Kilat, dibandingkan dengan listrik di rumah kita besar arusnya bisa ratusan kali lebih besar, tegangannya sekitar 1 miliar volt. Diumpakan energi sebuah kilat bisa dipakai untuk menyalakan 7000 bola lampu yang berukuran 100 watt selama 8 jam. Wow!

 Mengapa kilat dan guntur terjadi bersamaan, namun yang terlihat duluan adalah kilat?

Seperti yang kita ketahui, kilat dan guntur terjadi bersamaan. Namun dari jarak jauh, lebih dulu terlihat kilat, tak lama kemudian baru disusul suara guntur. Itu terjadi karena kecepatan cahaya dan suara berbeda. Kecepatan suara 340m/detik. Kita bisa menghitung berapa meter jarak dari tempat kita ke tempat terjadinya kilat, dengan cara mengukur berapa detik suara guntur yang ktia dengar setelah kilat nampak, dikalikan 340.
 
Copyright © . Detail dot - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger