Mengapa Ketika Bersin Mata Kita Tertutup?

Mata tertutup ketika bersin? Kenapa?

Bersin adalah hal yang menyebalkan jika kita sedang melakukan sesuatu, misalnya makan. Makanan akan terlontar keluar dari mulut kita. Lalu, kita sering melihat orang bersin menutup mata, bukan? Apakah kalian pernah melihat orang bersin dengan mata terbuka? Belum kan? Mengapa mata tertutup ketika sesorang bersin? Mari kita bahas pada artikel ini.

Apa istilah medis untuk bersin?

Sternutatory reflex adalah istilah medis untuk bersin, yaitu refleks yang membuat kamu bersin. Sebenarnya bersin itu adalah sesuatu yang baik karena berguna untuk membersihkan faring atau rongga antara hidung, tenggorokan, dan mulut

Bagaimana proses bersin?

Mungkin kita menganggap proses bersin sangat sederhana. Ternyata tidak seperti itu karena bersin adalah tindakan tubuh yang sangat rumit. Bersin terjadi ketika ada kontak dengan iritasi di mukosa hidung yang kemudian merangsang saraf trigeminal. Hal ini akan bisa merangsang medullai dan pons di otak kita, yang kemudian dapat memicu reaksi tambahan pada saraf.

Mengapa mata kita tertutup saat bersin?

Seperti yang dikutip dari Theregister.co.uk, selama proses bersin terjadi tekanan yang sangat besar pada tubuh kita, dan pada bagian mata terjadi tekanan udara yang cukup penting. Sebenarnya tekanan udara tersebut tidak akan membuat mata keluar dari tempatnya, tapi membuat mata kita terasa sangat tidak nyaman. Bagian lain yang terpengaruh karena adanya dorongan ketika bersin adalah organ tubuh seperti dada, perut, wajah, dan leher. Saat terjadi bersin, rangsangan akan melalui wajah dan membuat kelopak mata menutup atau berkedip. Hal ini tidak bisa kita kontrol.
 
Copyright © . Detail dot - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger