Ketombe dan Cara Mengatasinya


Ilustrasi kepala berketombe
Ketombe adalah hasil dari pengelupasan sel-sel kulit mati di kepala. Proses pengelupasan ini bersifat normal dan alamiah. Namun bisa menjadi sangat mengganggu apabila kelupasan kulit ini menjadi terlalu banyak dan berlebihan.

Faktor-faktor yang memperngaruhi proses pengelupasan sel kulit kepala yang paling sering dijumpai adalah produksi minyak yang berlebih. Minyak diproduksi secara alamiah oleh kulit kepala untuk menjaga agar rambut kita tetap lembab dan tidak kering. Namun apabila minyak yang diproduksi menjadi berlebihan malah akan mengundang jamur yang bernama Malassezia. Jamur ini juga dikenal sebagai biang dari masalah ketombe.

Penyebab lainnya juga bisa berupa faktor genetika (keturunan), keringat yang berlebih di kulit kepala, cuaca dingin, minyak rambut, diet, stress hingga gangguan hormon.

Bagaimana Mengatasi Ketombe?

Setelah mengetahui seluk-beluk ketombe, sekarang akan lebih mudah untuk membicarakan tentang tindakan pencegahannya. Karena ketombe pada dasarnya adalah proses alamiah yang penting bagi tubuh, maka kita tidak bisa menghentikannya secara total, tapi memang harus dikendalikan. Cara yang paling mudah dilakukan adalah mencuci rambut setiap hari. Pilihlah sampo yang bersifat dingin di kulit kepala sehingga mengurangi rasa gatal.

Selain itu kurangilah mengkonsumsi makanan yang benyak mengandung minyak dan lemak. Serta sebisa mungkin untuk tetap berpikir tenang dan menghindari stress. Karena percaya atau tidak, ketombe akan menjadi lebih banyak ketika kita sedang stress.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Detail dot - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger