Mengapa bisa Muncul Uban?


Siapa sih yang enggak tau yang namanya uban? Ya, rambut putih yang biasanya ada di kepala orang tua. Sekilas, kita suka bertanya "Kenapa ya rambut orang tua itu ada uban nya sedangkan kita yang masih remaja dan anak anak tidak ada ubannya?" Untuk menjawab pertanyaan itu, simak artikel ini.

Bagian dari rambut yang menepel di kulit disebut "akar". Warna rambut tergantung pada sel melanin yang terdapat di akar rambut. Melanin ini mensuplai pigmen.

Gambar 2 : Melanin pada kulit

Orang yang sudah berusia lanjut kinerja produksi pigmen melanin-nya menurun. Kemudian, apabila melanin ini tidak bekerja maka rambut tidak bisa mendapatkan pigmen. Karena rambut tidak menerima pigmen, muncullah yang disebut uban. Ruang kosong yang terbentuk pada melanin dimasuki udara dan berkilauan ketika terkena cahaya. Rambut putih / Uban kira kira mulai terbentuk pada usia sekitar 40 - 50 tahun.

Tapi usia ayahku belum mencapai 40. Kenapa setengah rambutnya terdiri atas rambut putih?

Mungkin beberapa pembaca berpendapat seperti itu. Beruban sebelum waktunya ini bisa terjadi karena faktor genetik ataupun stress yang memicu pertumbuhan rambut putih / uban. Akan tetapi, tidak ada perbedaan antara rambut putih pada orang tua dan rambut putih pada orang muda. Keduanya sama sama kekurangan pigmen melanin.

Banyak orang tua dulu menyuruh anaknya untuk mencabut uban yang ada dikepalanya dan diberikan 100 rupiah per helai. Namun, setelah 2 - 3 minggu dicabut, ruang tempat dicabutnya rambut putih / uban tersebut akan tumbuh kembali. Karena itu tidak ada gunanya jika dicabut.

Untuk mencegah pertumbuhan uban dini, pijat dengan lembut bagian bawah rambut. Hal ini berfungsi untuk melancarakn aliran darah yang ada di bawah rambut. Kemudian jangan terlalu stress memikirkan banyak hal, dan juga banyak makan rumput laut atau kalsium.
 
Copyright © . Detail dot - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger