Mengapa Lampu Terowongan Berwarna Oranye?

Lampu di terowongan berwarna oranye?

Jika kita perhatikan, lampu di terowongan yang kita lewati berwarna oranye. Sedangkan pada lampu belakang motor dan mobil ada lampu berwarna merah. Mengapa bisa begitu? Mengapa tidak warna putih atau warna biru agar lebih mencolok sehingga dapat terlihat? Lampu belakang motor mengapa tidak berwarna biru saja? Mari kita bahas disini.

Mengapa lampu di terowongan berwarna oranye? Tidak berwarna merah?

Warna yang mempunyai gelombang panjang adalah warna merah. Karena gelombangnya panjang, warna merah menjangkau jarak jauh dan membuat orang melihat lebih jauh. Tetapi warna merah punya kelemahan yaitu cahayanya tidak jelas. Karena itu warna oranye yang lebih cepat menyebar dan masih bentuk lain dari warna merah yang memiliki gelombang panjang dipilih sebagai pengganti (warna oranye didapat dari hasil pemcampuran warna merah dengan warna lain). Bahkan karena warnanya lembut dan menghilangkan kelelahan mata, kita jadi merasa aman saat berada di dalam terowongan yang tertutup. Kesimpulannya warna oranye dapat membuat kita melihat dengan jelas dan jauh. 

Lalu, mengapa warna lampu belakang mobil dan motor berwarna merah?

Seperti yang dijelaskan diatas, lampu atau warna merah lebih besar gelombangnya daripada warna lain. Sehingga, warna lampu merah yang ada dibelakang motor dan mobil akan langsung terlihat jelas walaupun jarak antara kita dan benda jauh.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Detail dot - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger