Mengapa Kucing Benci Air?

Kucing.

Pasti kalian tau kucing kan? Ya, hewan mamalia yang terkenal memakan ikan serta bulunya yang lucu. Beberapa kucing seperti Kucing Anggora memiliki bulu yang indah. Namun, jika ada kucing jalanan yang berada di daerah rumah kita, kita menyipratkan air ke kucing tersebut. Apakah kucing benci air? Mari kita bahas pada artikel kali ini.

Apakah kucing benci air?

Kucing tidak benci air. Sebenarnya, kucing sama sekali tidak takut ataupun benci air. Beberapa jenis kucing hanya tidak suka dengan air, bukan takut.

Apa saja faktor yang menyebabkan kucing takut air?

Jawabannya ada beberapa kemungkinan. Pertama, bulu kucing ini sifatnya mengunci air, jadi jika bulu mereka terkena siraman air, air tersebut akan langsung terkunci dan membuat bulu-bulu tersebut menjadi lebih berat. Tentu saja hal ini membuat kucing menjadi tidak nyaman.

Yang kedua, kucing memiliki indera penciuman yang sangat sensitif. Dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa beberapa jenis kucing akan merasa tidak nyaman dengan bau-bau zat kimia yang terkandung di dalam beberapa jenis air, termasuk air ledeng.

Apakah semua kucing benci air?

Perlu kita ketahui, ternyata tidak semua jenis kucing benci air. Ada beberapa jenis kucing yang justru suka sekali bermain air. Hal ini pada umumnya dipengaruhi oleh faktor lingkungan tempat tinggal kucing tersebut. Maksudnya, jenis kucing yang hidup di lingkungan bersuhu sangat panas suka sekali menghabiskan waktu berlama-lama berkubang atau berendam di air. Misalnya kucing dari daerah gurun pasir di benua Afrika. Di sana, baik kucing kecil seperti yang sering kita jumpai, atau sepupu dekat kucing, seperti singa dan harimau sangat menyuaki kawasan basah. Mengapa? Jelas ini ada hubungannya dengan ketersediaan asupan air minum dan untuk menjaga kelembaban tubuh.


0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Detail dot - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger