Sejarah Unik Kancing Baju

Beragam Kancing Baju

Jika kita menggunakan kemeja atau jas, kita akan melihat beberapa kancing di baju kita. Ada yang berderet, ada juga yang hanya 1. Apa sih funsi kancing? Apakah hanya sebagai aksesoris? Mungkin pada zaman sekarang dan pengaruh era globalisasi, kancing hanya sebagai aksesoris. Tetapi sejarahnya kancing bukan untuk aksesoris. Mari kita simak di artikel ini.

Apa fungsi kancing pada zaman dahulu?

Pada abad 18, Prusia diperintah oleh Raja Frederich Agung. Beliau terkenal sangat disiplin dan sangat menyukai kebersihan. Pada suatu hari, Raja Frederich melakukan inspeksi / pengecekan pada pasukannya untuk mengecek kedisiplinan dan kebersihan mereka. Dari inspeksi tersebut, Raja Frederich mendapati bagian lengan seragam para prajuritnya ini sangat kotor dan dekil, melebihi bagian seragam yang lain. Ternyata hal ini disebabkan mereka memiliki kebiasaan menyeka wajah mereka yang berkeringat dengan ujung lengan seragam mereka. Maka, demi kerapian dan kebersihan seragam prajurit, Raja membuat kebijakan baru, yaitu setiap ujung lengan seragam prajurit harus diberi kancing.

Zaman dahulu, kancing terbuat dari apa?

Kancing dari Kerang

Pada masa itu, kancing baju masih terbuat dari kulit kerang atau beling. Dengan begitu, para prajurit yang masih menyeka keringat di wajah mereka akan mengalami lecet-lecet karena wajahnya tergosok kancing. Begitulah, sampai sekarang kancing-kancing masih diletakkan di ujung lengan karena pengaruh dari jaman dulu.

Lalu, jika kita memperhatikan posisi kancing, posisi kancing pria dan wanita berbeda. Kenapa?

Ini dia yang unik lagi. Mengenai posisi kancing baju pria dan wanita ternyata berbeda. Baju wanita kancingnya di sebelah kiri, sedangkan baju pria di sebelah kanan. Mengapa begitu? Awalnya baju pria maupun wanita, kancingnya sama-sama di sebelah kiri. Kemudian pada abad pertengahan, para pria melakukan adu senjata dengan baju perang yang kancingnya di sebelah kiri. Mereka harus bergerak cepat mengambil pedang yang terletak di pinggang sebelah kiri sementara tangan kanan mereka harus membuka kancing baju terlebih dahulu. Agar lebih cepat dan memudahkan mereka, diubahlah letak kancing baju pria di sebelah kanan agar tangan kiri dapat membukanya sementara tangan kanan mengambil pedang.
 
Copyright © . Detail dot - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger