Mengapa Saat Malu Wajah Kita Memerah?

Mengapa wajah kita memerah?
Jika kita dipuji atau dibuat malu oleh temanmu, kita akan merasakan wajah kita memanas dan wajah kita memerah pada pipinya. Mengapa itu bisa terjadi? Apakah karena darah yang mengalir dari bawah ke atas dengan cepat sehingga wajah kita memerah? Mari kita bahas di artikel kali ini.

Sebelum kita membahasnya, ada baiknya kita belajar dulu dengan satu istilah baru yaitu “Fight-or-Flight Response“.

Apa itu flight-or-fight response? 

Jadi semua vertebrata dan sebagian avertebrata memiliki sebuah kondisi psikologis ketika mereka merasa terancam dan mendapat serangan dari luar. Respon alamiah inilah yang kemudian membuat makhluk hidup tersebut memutuskan apakah dia akan pergi (flight) atau justru bertahan dan melawan (fight). Yang perlu diketahui adalah respon ini bersifat natural dan alamiah, jadi sepenuhnya dikendalikan oleh sistem refleks tubuh dan tidak bisa kita dikendalikan.

Apakah telah diadakan penelitian tentang manusia dapat merasakan malu?

Sebenarnya sudah banyak penelitian yang dilakukan oleh para ahli. Namun, sebenarnya mengapa manusia bisa merasakan malu adalah sebuah fenomena yang sulit diterangkan bahkan oleh para ahli. Namun mengapa pipi kita menjadi kemerahan saat merasa malu bisa dijelaskan secara sains.

Lalu, apa yang menyebabkan pipi kita kemerahan saat kita malu?

Jadi rupanya perasaan malu dan tertekan yang dirasakan oleh manusia masuk kedalam golongan “ancaman” dan “serangan” dari luar yang bisa memicu “Fight-or-Flight Response”. Itulah mengapa ketika kita merasa malu, timbul perasaan sangat tidak nyaman dan keinginan yang kuat untuk cepat - cepat pergi, kan? Tubuh kita juga merespon dengan beberapa hal, diantaranya adalah diproduksinya hormon adrenalin di dalam tubuh.

Adrenalin ini bertanggung jawab atas detak jantung yang semakin cepat, metabolisme yang berkurang intensitasnya serta pembuluh darah yang melebar untuk mengimbangi pompaan jantung yang meningkat tadi. Sedangkan di beberapa bagian tubuh pembuluh darah melebar lebih dari yang lain, dan posisinya dekat sekali dengan permukaan kulit. Salah satunya di bagian pipi. Itulah mengapa orang yang sedang malu pipinya akan terlihat merona merah dari luar. Secara singkat, hal ini adalah akibat dari “Fight-or-Flight Response” yang kita pelajari di awal.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Detail dot - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger