Sejarah dan Penemu Gunting

Gunting.

Siapa yang tidak tahu gunting? Ya, salah satu alat pesawat sederhana yang sangat berguna dalam kehidupan sehari - hari. Contohnya seperti untuk memotong kertas, memotong bumbu dapur yang di kemas dalam bentuk plastik. Tapi, apakah kalian tahu sejarah gunting dan penemunya? Mari kita cari tahu di artikel ini.

Bagaimana sejarah awal gunting?

Menurut para ahli sejarah gunting ditemukan kira - kira 1500 tahun sebelum masehi di daerah Mesir. Tetapi, masih berupa dua buah pisau yang terhubung ujungnya. Gunting berbentuk pisau yang saling terkait ditengah seperti sekarang ditemukan oleh bangsa Romawi sekitar tahun 100 Masehi. 

Seperti ini bentuk dunting bangsa Romawi.

Lalu, bagaimana perkembangan gunting?

Pada tahun 1761, Robert Hinchliffe menciptakan gunting modern yang kini sudah mendunia. Warga Inggris Raya ini merasa akan lebih praktis memotong jika alat potongnya dapat dimasukkan di jari tangan.
Untuk itu ia menciptakan pisau yang di bagian tengah bawah memiliki bulatan yang dapat dimasukan ke jari tangan yang kini dikenal dengan nama gunting.

Inilah Robert Hincliffe, sang penemu gunting.

Kemudian Hinchliffe membuka kedai untuk menjual gunting temuannya di Cheney Square, London.
Ia memasang papan tanda yang bertulisan "pembuat gunting paling baik" saat itu.
Sejak saat itu, maka kemudian penggunaan gunting makin meluas. Pada tahun 1830 gunting mulai menyebar luas di Eropa.

Dari masa ke masa gunting semakin canggih, gunting di desain sedemikian rupa gara gunting memiliki multifungsi agar lebih berguna. Berikut beberapa desain gunting dengan berbagai fungsi yang sudah ada.

4 comments:

 
Copyright © . Detail dot - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger